Kamis, 16 Oktober 2014

Kota Surabaya

Budaya dan Ciri khas Kota Surabaya


Kebudayaan :
Kebudayaan di Surabaya yang terkenal antara lain adalah undukan doro, musik protol, manten pengon, dan tari remo. Salah satu upaya pemerintah Surabaya untuk melestarikan kebudayaannya yaitu dengan pemilihan Cak dan Ning, yang diadakan setiap tahun.


Makanan :
Di Surabaya terdapat banyak makanan dari berbagai daerah yang berbaur di Surabaya. Dan yang paling mencerminkan makanan khas Surabaya yaitu semanggi dan lontong balap. Semanggi terdiri dari kukusan daun semanggi dan sayuran lain, disiram dengan saus ketela, dan biasanya ditambahkan dengan kerupuk. Kemudian dengan lontong balap sendiri yaitu terdiri atas lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong yang telah diiris lalu ditumpangi irisan tahu dan beberapa lentho , kemudian ditumpangi kecambah/tauge setengah matang, setelah itu disiram kuah secukupnya, sambal dan kecap sesuai selera. Makanan ini dihidangkan  beberapa tusuk sate kerang.

Ciri Khas :
Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Kata Surabaya konon berasal dari cerita mitos pertempuran antara sura (ikan hiu) dan baya (buaya) dan akhirnya menjadi kota Surabaya. Patung ikuan Sura (hiu) dan Buaya merupakan salah satu ciri khas kota surabaya, kemudian ada juga museum 10 November beserta Tugu Pahlawannya yang telah banyak menarik wisatawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar